::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Mampu Berkiprah Maksimal, MUI Lampung Harus Lanjutkan Program Keumatan

Mampu Berkiprah Maksimal, MUI Lampung Harus Lanjutkan Program Keumatan

Bandar Lampung: Kiprah maksimal para pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama ini patut diacungi jempol. Di bawah kepemimpinan KH Khairuddin dan KH Basyaruddin Maisir sebagai Ketua dan Sekretaris Umum, organisasi yang mewadahi para ulama, zuama dan cendekiawan muslim ini mampu memaksimalkan peran keumatan dan dirasakan oleh semua pihak.

MUI Lampung mampu menjalankan peran sebagai pelayan umat (khadimul ummah), menjaga umat (himaayatul ummah) dan mitra pemerintah (shadiiqul hukumah). Peran tersebut mampu diwujudkan dalam program nyata dan mampu mewujudkan masyarakat yang terbaik (khaira ummah).

“Alhamdulillah, pengabdian MUI dalam mengisi pembangunan dan mengarahkan perjalanan kehidupan kemasyarakatan, berkeagamaan, kebangsaan, dan kenegaraan khususnya di Provinsi Lampung mampu secara istiqamah dilakukan MUI Lampung dan ini harus terus dilanjutkan,” kata Sekretaris Umum MUI Lampung KH Basyaruddin Maisir, Rabu (6/10/2021).

Kiai Maisir yang juga Katib Syuriyah PWNU Lampung ini menambahkan bahwa selama ini, MUI Lampung mampu menfungsikan secara maksimal sistem manajemen dan penataan kepengurusan dengan baik. Perencanaan program kerja dapat disusun dengan matang dan sistematis, serta didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

“Kondisi ideal MUI ini harus dijaga dan dikembangkan. MUI sebagai wadah yang mewakili ummat Islam dalam hubungan dan konsultasi antar umat beragama, dan sebagai pemberi fatwa “hukum” kepada ummat Islam dan pemerintah, baik diminta
maupun tidak diminta, harus terus diperkuat,” kata Pengasuh Pesantren Al Hikmah Bandarlampung ini.

Terlebih di masa pandemic Covid-19 ini, MUI Lampung mampu memperkuat perannya
dalam meningkatkan kerjasama ulama, umara dan masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19 dan dampaknya. MUI langsung membantu dalam masalah-masalah sosial kemasyarakatan pada masa kini dan juga di masa yang akan datang.

Tren positif peran MUI dalam berkiprah selama ini jangan sampai menurun yang diakibatkan kurang ikhlasnya pengurus dalam berkhidmah. Ia berharap MUI tetap dalam konsistensinya dan tidak terpengaruh dengan kepentingan-kepentingan yang menjauhkan organisasi dari umat.

“Semoga ke depan MUI Lampung mampu melanjutkan fungsi dan perannya lebih kuat lagi dan menjadi tenda besar umat Islam,” harapnya. (Muhammad Faizin)

About admin

Check Also

LDC UIN Raden Intan Adakan Pendidikan Dasar

Bandar Lampung: Law Debate Community Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »