::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / KMNU Universitas Lampung Tuan Rumah Ajang Nusantara 2021 KMNU Nasional

KMNU Universitas Lampung Tuan Rumah Ajang Nusantara 2021 KMNU Nasional

Bandar Lampung: Nu Science and Cultural Art (Nusantara) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional. Tahun lalu, Nusantara di selenggarakan di Yogyakarta dengan KMNU Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai tuan rumahnya. Dan tahun ini, KMNU Universitas Lampung dipercayai sebagai tuan rumah penyelenggara Nusantara KMNU 2021. Acara ini akan dilaksanakan secara daring dari tanggal 24-26 September 2021.

Acara ini akan dihadiri dari berbagai perguruan tinggi baik dari dalam ataupun luar negeri. Setidaknya 29 perguruan tinggi akan ikut berpartisipasi dalam Nusantara ini.

Sementara itu untuk acara  Nu Science and Cultural Art (Nusantara) akan mengangkat tema  “SIGER Semangat Berkompetensi Lestarikan Seni, Guna Kader Nahdlatul Ulama yang Berkarakter”. Melalui kegiatan tersebut diharapkan  dapat menjawab salah satu tantangan ke depan dalam berorganisasi dengan  melestarikan kebudayaan dan kerifan lokal sekaligus merintis masa depan peradaban dunia yang damai dengan nilai-nilai Islam Nusantara sebagai landasannya, menambah wawasan, menggali dan memfasilitasi potensi, serta mengapresiasi prestasi para mahasiswa Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional.

Pelaksanaan Nusantara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya disesuaikan dengan keadaan. Lomba-lomba diadakan secara online. Peserta lomba berasal dari KMNU yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional. Setiap perguruan tinggi mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi pada ajang Nusantara ini.

Lomba-lomba yang diadakan tahun ini yaitu Cover sholawat, LKTI, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), kompetisi mobile legend, Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), dan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK).

Selain lomba-lomba, dalam Nusantara ini juga menggelar acara lain yaitu webinar internasional yang menghadirkan pemateri dari dalam dan luar negeri, forum silaturahmi, dan Nusantara bersholawat.

“Nusantara adalah bentuk komitmen pengurus pusat keluarga mahasiswa nahdlatul ulama dalam mengembangkan minat dan bakat anggotanya terutama dalam bidang keagamaan dan akademik. Dengan hadirnya KH. Ishomuddin dan juga Gus Nadirsyah Hosen, diharapkan seluruh anggota KMNU baik di Indonesia maupun luar negeri dapat ikut meramaikan acara ini.” Ujar Ketua Pelaksana

Tercatat lebih dari 300 peserta dari 29 perguruan tinggi akan terlibat. Mudah-mudahan kegiatan tersebut akan menjadi wadah dalam melestarikan kebudayaan serta dakwah untuk bertukar wawasan dan jejaring. (Oktina Lathifah)

About admin

Check Also

LDC UIN Raden Intan Adakan Pendidikan Dasar

Bandar Lampung: Law Debate Community Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »