::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Menteri Agama Luncur SPAN-UM PTKIN 2021 di UIN Raden Intan Lampung

Menteri Agama Luncur SPAN-UM PTKIN 2021 di UIN Raden Intan Lampung

Bandar Lampung: Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas luncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) – Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2021, di Kampus UIN Raden Intan Lampung, Kamis (14/1/2021).

Peluncuran dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol Covid-19. Kegiatan ini juga berlangsung melalui aplikasi Zoom dan ditayangkan melalui Kanal YouTube SPAN-UM PTKIN OFFICIAL.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut diantaranya Wakil Menteri Agama, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Dirjen Pendidikan Islam (Pendis), Direktur PTKI, Gubernur Lampung, Forum Rektor PTKIN, serta sejumlah unsur Forkopimda.

Dalam sambutannya, Menag mengingatkan kepada Dirjen Pendis dan Forum Rektor PTKIN agar tidak terlalu bangga dengan peningkatan jumlah peminat ke PTKIN setiap tahunnya. “Kita tetap harus evaluasi, instropeksi, terkait dengan tingginya peminat PTKIN. Apa karena murah dan mudah, atau memang berkualitas. Kita tetap perlu tingkatkan kualitasnya,” ujar Gus Menteri ini.

Menag mengatakan, mengelola PTKIN ini tidak mudah, karena ada Islamnya. “Kita harus menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi. Dengan (Islam) ini saya yakin perilaku koruptif dan yang merugikan bangsa dan negara, bisa kita hilangkan,” lanjutnya.

Gus Yaqut juga menyampaikan bahwa dirinya sedang menjalin komunikasi dengan perguruan tinggi non-PTKIN. “Saya sedang berpikir mengelaborasi antara PTKIN dengan non-PTKIN. Saya ingin kita maju bersama. Saya ingin melihat PTKIN jauh lebih unggul dan menjadi pilihan utama,” tambahnya.

Sementara Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung terus membangun sinergi dengan lembaga-lembaga pendidikan dan perguruan tinggi. “Selain disektor pertanian, pariwisata, atau sektor ekonomi lainnya, Lampung juga saat ini sudah menjadi destinasi pendidikan. Hal ini terus kami dorong dan kembangkan guna tercapainya SDM Indonesia yang unggul,” paparnya.

Arinal juga mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran SPAN-UM PTKIN tersebut. “Semoga PTKIN dapat menjadi garda terdepan pendidikan di Indonesia untuk menghasilkan generasi yang bertakwa kepada Allah Swt, cinta tanah air, moderat, cerdas, dan memiliki daya saing di tingkat regional maupun global,” ungkap Gubernur.

Sebelumnya, Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg mengatakan, peluncuran ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PTKIN. Dia menjelaskan, peluncuran SPAN-UM PTKIN ini biasanya diselenggarakan di Jakarta.

“Dikarenakan persebaran Covid-19 cukup tinggi di Jakarta, maka dari Kementerian Agama dan Forum Rektor (PTKIN) menyepakati untuk diselenggarakan di Lampung. Dan tahun ini, launching SPAN-UM pertama diselenggarakan di kampus,” ujarnya.

Prof Mukri mengapresiasi dan menyambut kegiatan tersebut yang berlangsung di kampus hijau UIN Raden Intan Lampung. Dia juga mengaku sudah berkoordinasi dan mendapat rekomendasi dari Tim Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung.

Pada kegiatan ini juga diberikan beragam penghargaan terkait SPAN-UM PTKIN 2020. UIN Raden Intan Lampung kembali mendapat penghargaan yakni kategori Publikasi Terbaik SPAN-UM PTKIN 2020.

Adapun jadwal SPAN-PTKIN 2021 yaitu Pengisian dan Verifikasi PDSS berlangsung 19 Januari-17 Februari; Pendaftaran Siswa 19 Februari-15 Maret; Proses Seleksi Gelombang I pada 19-23 Maret dan Gelombang II 25-29 Maret; dan Pengumuman Hasil Seleksi 5 April 2021. Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi ditetapkan di masing-masing PTKIN. (Andira Putri Isnaini)

About admin

Check Also

Harapan Ketua Umum MUI Lampung pada Kapolda Baru

Bandar Lampung: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung KH Khairuddin Tahmid mengungkapkan bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »