::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Bantuan Bahan Pokok untuk Warga Terdampak Puting Beliung Braja Selebah

Bantuan Bahan Pokok untuk Warga Terdampak Puting Beliung Braja Selebah

Lampung Timur: Pasca Kejadian Angin Puting Beliung di Dusun IV Margasuka 2 Desa Braja Indah Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur yang merusak sedikitnya 9 rumah warga, relawan ACT Lampung menyalurkan bantuan bahan pokok, roti dan masker bermotif batik untuk warga terdampak.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Sekretaris Desa Sutono yang kemudian diantar ke rumah warga terdampak Puting Beliung.

Salah satu warga terdampak Sutarno mengatakan kejadian awan gelap dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, saat itu Ia dan istrinya sedang menanam di Sawah sehingga tidak melihat langsung gulungan angin merusak atap rumahnya.

Saat kejadian hanya ada anak dan orang tuanya. Reruntuhan genteng tidak mengenai keduanya. Setelah kejadian warga bergotong royong membenahi atap genteng.

Lanjutnya, dampak lain yang ditimbulnya warga masih trauma kalau melihat awan gelap. Dilingkunganya, terdapat 2 rumah masyarakat prasejahtera yang rusak berat.

Warga lain Saripah (75) bercerita sedang berada di Sawah saat terjadi angin puting beliung. Dirumahnya hanya ada cucu. Awalnya terlihat mendung pekat kemudian hujan lebat. Mbah Saripah mendapati genteng rumah tetangganya berserakan kemudian bergegas mencari cucunya.

Namun cucunya sudah mengungsi ketempat tetangganya yang tidak terkena dampak.
Janda Saripah masih berkaca-kaca ketika menceritakan detik-detik kejadian puting beliung. Meskipun saat ini warga sudah memperbaiki atap rumah namun masih trauma. Mbah Saripah dimasa tuanya sangat ingin bertemu dengan cucu lainya di Kalimantan.

“Terimakasih bantuan bahan pokoknya, alhamdulillah cucu disini tidak kenapa-kenapa, langsung ngungsi tempat tetangga yang nggak kena Puting Beliung, sekarang ini Nenek pengen ketemu cucu satunya di Kalimantan,” ucapnya.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian Puting Beliung di Braja Indah, namun saat ini kondisi warga masih mengalami trauma. Terutama sebagian anak-anak melihat langsung atap rumah porak poranda.

Lanjutnya, relawan berangkat ke lokasi untuk memastikan dampak yang ditimbulkan Puting Beliung sembari menyalurkan bantuan bahan pokok, roti dan masker. Bantuan yang disalurkan merupakan amanah dari Beeme by Mama Shey, MT Babussalam Al-Ikhlas, Komunitas Tapis Blogger dan Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN).

Kebutuhan warga saat ini lebih kearah perlengkapan rumah tangga yang rusak akibat tertimbun reruntuhan atap seperti pakaian baru, karpet, kelambu, kasur dan lainya.

“Relawan sudah melakukan assesment langsung bersama Perangkat Desa setempat, untuk saat ini bantuan yang dibutuhkan peralatan rumah tangga, menjelang Hari Raya Idul Adha yang kurang lebih dua bulan lagi diharapkan masyarakat dapat menyalurkan ibadah qurban melalui Global Qurban – ACT Lampung untuk disalurkan ke masyarakat terdampak Puting Beliung, Labbaik Berqurban Terbaik,” tutupnya. (Andira Putri Isnaini)

About admin

Check Also

Sapi Qurban Bunda Eva Jadi Pamungkas Pemotongan Hewan Qurban MUI Lampung 2020

Bandar Lampung: Matahari belum terik kala Panitia Pemotongan Hewan Qurban MUI Provinsi Lampung 2020 menyelesaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »