::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Gelar Monev ke UIN Lampung, Diktis Kemenag RI Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Gelar Monev ke UIN Lampung, Diktis Kemenag RI Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Bandar Lampung: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2018 dan 2019 Penerima Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri. Monev dilaksanakan pada Jum’at, (25/10/2019) di Ruang Sidang Lantai II Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Mohammad Ansori (Staf Diktis Kemenag), Prof. Dr. Hi. Idham Kholid, M.Ag (Direktur PPs), Dr. Hi. Jamal Fakhri, M.Ag (Wakil Direktur PPs), Dr. Koderi, M.Pd (Sekprodi S3 Manajemen Pendidikan Islam), serta 8 orang (angkatan 2019) dan 13 orang (2018) mahasiswa penerima beasiswa.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hi. Idham Kholid, M.Ag menerangkan program beasiswa 5000 doktor merupakan periode ke-6 bagi program pascasarjana UIN Raden Intan Lampung. “Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung telah menjadi mitra penyelenggara beasiswa 5000 doktor sejak tahun 2014, maka bersyukurlah bapak ibu mahasiswa yang memperoleh program beasiswa ini karena banyak orang yang ingin mendapatkan kesempatan yang sama namun belum beruntung” ungkapnya.

Sementara itu, Mohammad Ansori mengungkapkan mahasiswa penerima beasiswa untuk dapat bertanggung jawab atas beasiswa yang telah diterima dan diharapkan dapat lulus dengan tepat waktu. Lebih lanjut Ansori mengatakan, Peserta Program Beasiswa Doktor (Full Scholarship) akan ditanggung seluruh biaya pendidikan dan mendapatkan biaya mahasiswa selama tiga tahun.

“Kemenag akan menanggung biaya penyelenggaraan program, biaya pendidikan dan biaya rekruitmen atau seleksi. Selain itu memberikan biaya hidup (living cost), tunjangan biaya domisili, biaya buku dan refrensi, biaya penelitian kepada mahasiswa dengan ketentuan yang berlaku,” papar Ansori.

Dalam kesempatan lain Ketua Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Islam, Prof. Dr. Hj. Siti Patimah, M.Pd menyampaikan beberapa progres mahasiswa beasiswa 5000 Doktor yang ada di S3 MPI UIN Raden Intan Lampung diantaranya; Mahasiswa sangat menghargai bantuan dari pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama RI sehingga dalam perkuliahan mereka memanfaatkan waktu dan peluang yang diberikan, ini dibuktikan dengan mahasiswa beasiswa angkatan 2014 dan 2015 lulus tepat waktu dan sebagian besar memperoleh predikat cumlaude.

Lebih lanjut Guru Besar Manajemen Pendidikan tersebut mengatakan, mahasiswa beasiswa S3 MPI angkatan 2018 (semester 3), saat ini 100 % sudah siap dengan proposal disertasinya dan dalam waktu dekat akan melaksanakan pembahasan proposal tingkat prodi.

“Mahasiswa beasiswa angkatan 2018 selain mengikuti perkuliahan dikelas, mereka juga aktif mengikuti seminar-seminar, pelatihan dan konferensi yang dilaksanakan di dalam maupun di luar UIN Lampung. Melihat progres dari progres ini, UIN Raden Intan Lampung berharap kedepannya bisa diberikan kuota mahasiswa beasiswa yang lebih banyak melalui rekrutmen dan seleksi yg berkualitas” ucapnya.

Senada dengan Prof. Siti Patimah, Sekretaris Prodi S3 Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung Dr. Koderi, M.Pd menuturkan bahwa prodi akan melakukan pemantauan akademik mahasiswa tiap semesternya. “Ini sebagai upaya mengetahui perkembangan mahasiswa dan diharapkan mahasiswa dapat terpacu menyelesaikan studi serta lulus tepat waktu,” ucap pria berkacamata itu.
(Muhammad Idris)

About admin

Check Also

KSK Lampung Gelar Pengobatan Gratis di Ponpes Sabilul Musthofa

Bandar Lampung: Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung menggelar pengobatan gratis di Pondok Pesantren Sabilul Musthofa, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »