::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Latar Belakang Alasan Ponpes Istiqomah Al Amin Sebagai Ponpes Unggulan Bank Indonesia Zona Sumatera

Latar Belakang Alasan Ponpes Istiqomah Al Amin Sebagai Ponpes Unggulan Bank Indonesia Zona Sumatera

Lampung Selatan: Pondok Pesantren Istiqomah Al Amin terletak di Desa Cintamulya Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Pondok Pesantren ini didirikan pada tanggal 9 Januari 1989 oleh Kyai haji Imam Bukhari.

Selain fokus pada ranah tafaqquhfiddin Ponpes ini sejak awal telah mendidik santri-santrinya untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi salah satunya adalah dengan memanfaatkan areal pesantren untuk budidaya ikan antara lain ikan gurame ikan patin dan juga ikan nila.

Pada awalnya kegiatan ini hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi santri sehari-hari namun demikian kegiatan ini kemudian berkembang menjadi unit usaha yang dapat menopang bagi keberlangsungan pendidikan di Pondok Pesantren Istiqomah Al Amin.

Selain sebagai unit usaha yang memiliki nilai tambah bagi pondok pesantren kegiatan unit usaha ini juga menjadi wahana bagi para santri untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang kewirausahaan antara lain di bidang pertanian perikanan serta ekonomi kreatif.

Pondok Pesantren ini juga terlibat aktif dalam kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar dengan menjadi fasilitator bagi program-program pemerintah di bidang ketenagakerjaan pertanian dan juga perikanan.

Berkat peranannya bagi tumbuh kembangnya kegiatan ekonomi kreatif di sekitar Pondok Pesantren maka pada tahun 2009 Pondok Pesantren ini mendapatkan penghargaan dari presiden Republik Indonesia sebagai lembaga keagamaan yang berprestasi di bidang ketahanan pangan tingkat nasional.

Pondok pesantren Istiqomah Al Amin terus mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif bagi segenap santri alumni dan masyarakat sekitar puncaknya pada tanggal 4 Agustus 2019 Pondok Pesantren ini juga dianugerahi sebagai pondok pesantren unggulan Bank Indonesia zona Sumatera dalam festival Syariah 2019 setelah menyisihkan 2 finalis lainnya yaitu Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Sumatera Selatan dan Pondok Pesantren Khalid Bin Walid Provinsi Riau.

Penghargaan ini diberikan oleh bapak Rohman Basori sebagai Bank Indonesia pemberian penghargaan ini disaksikan oleh seluruh pimpinan BI se-sumatera, ketua MUI Sumatera Selatan, ketua RMI Sumatera Selatan, dan ketua KNKS.

Pimpinan Pondok pesantren Istiqomah Al Amin bidang pengembangan ekonomi pondok pesantren Istiqomah Al Amin Hasan Errezha yang juga mantan ketua IPNU provinsi Lampung 2004-2006 mengatakan bahwa Ponpes Istiqomah Al Amin diberi penghargaan atas pengajuan pemerintah terhadap eksistensi Ponpes di bidang penguatan ekonomi.

“Penghargaan yang diberikan kepada pondok pesantren Istiqomah Al Amin ini adalah pengakuan pemerintah terhadap eksistensi pondok pesantren di bidang penguatan ekonomi sekaligus menunjukkan besarnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan ekonomi pesantren oleh karena itu tentu momentum ini bisa digunakan sebagai motivasi bagi pondok pesantren untuk terus terlibat dalam pengembangan ekonomi khususnya ekonomi syariah menuju arus baru ekonomi Indonesia,” ujarnya.

“Sehingga nantinya para santri tidak hanya sekedar memiliki kompetensi dibidang ilmu keagamaan saja akan tetapi juga memiliki life skill dan jiwa interpreneur,” tambahnya.

Lanjutnya, pada gilirannya nanti ketika mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat mereka tidak sekadar berdakwah tetapi sekaligus menjadi motor penggerak perekonomian bagi warga sekitarnya khususnya perekonomian Syariah.

Setidaknya ada tiga bidang kegiatan pemberdayaan ekonomi yang ada di pondok pesantren Istiqomah Al Amin Cinta Mulya yaitu bidang pertanian dan perkebunan bidang peternakan dan perikanan serta ekonomi kreatif.

Harapannya, kedepan Pondok Pesantren Islam Al Amin akan terus melakukan berbagai upaya agar kekuatan pondok pesantren di bidang ekonomi bisa dikonsolidasikan agar nantinya pondok pesantren menjadi lembaga lembaga pendidikan yang berkualitas serta mandiri. (Hanivah)

About admin

Check Also

Pemerintah Desa P Simpang, Siap dukung Kegiatan Kepemudaan di Desa

Lampung Selatan: Pemuda Karang Taruna, dan Risma Desa Purwodadi Simpang mengadakan Kopdar Pemuda dengan Tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »