::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Tiba di Tanah Suci, Jamaah Calon Haji Pringsewu 2019 Langsung Laksanakan Umrah

Tiba di Tanah Suci, Jamaah Calon Haji Pringsewu 2019 Langsung Laksanakan Umrah

Makkah: Kelompok terbang Kloter JKG 051 yang berisi jamaah calon haji dari Kabupaten Pringsewu sudah melaksanakan rangkaian umrah sebelum melaksanakan puncak haji yakni wukuf di Arafah. Jamaah calon haji sebanyak 405 orang ini diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Saudi Airlines pada pukul 3 dini hari, Senin (29/7).

Menurut ketua kloter, Hilal, rangkaian ibadah diawali dengan mengambil niat di daerah Yalamlam saat berada di pesawat yang terbang selama 9 jam. Para jamaah sebelumnya sudah mengenakan pakaian ihram saat memasuki pesawat.

“Karena kita mengambil Haji Tamattu, maka kita melaksanakan ibadah umrah dulu dan nanti pada 8 Dzulhijjah, para jamaah kloter 51 akan mengambil niat haji dan bergabung dengan seluruh jamaah calon haji dari seluruh dunia,” jelasnya.

Terkait dengan kondisi kesehatan jamaah, Petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang mendampingi jamaah, Warsito mengatakan bahwa kesehatan para jamaah masuk dalam kategori aman. Jika ada keluhan dan kendala, sampai saat inj masih dapat dikendalikan. “Semua di bawah kontrol,” katanya.

Sejumlah jamaah memang mengalami kendala karena hampir 50 persen jamaah JKG 051 merupakan para orang tua dan memiliki resiko tinggi (risky) dalam hal kesehatan. Namun dengan kecekatan para tenaga medis, para jamaah yang memiliki beberapa keluhan dapat ditangani dengan baik.

Saat ini para jamaah tinggal di wilayah Raudlah dan syisah tepatnya di sektor 114 dan 301. Terpisahnya hotel ini menjadi kendala tersendiri bagi para petugas dalam mengontrol kondisi jamaah. Untungnya, kedua hotel tersebut saling berhadap-hadapan sehingga masih terjangkau jika ada permasalahan yang perlu diselesaikan.

Sementara untuk layanan haji tahun 2019 yang dinikmati jamaah saat ini tergolong baik. Hal ini dapat dirasakan dari kenyamanan hotel dan konsumsi yang diberikan.

“Alhamdulillah panitia haji juga sudah menyedikan armada bus gratis yang dinamai Bus Shalawat yang menghantarkan para jamaah dari hotel menuju Masjidil Haram untuk shalat berjamaah 5 waktu,” kata Wahidin, salah satu jamaah memberi komentar terkait pelayanan yang diberikan. (Muhammad Faizin)

About admin

Check Also

Ansor dan Banser Bandar Lampung Tebar Daging Qurban

Bandar Lampung: Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Bandar Lampung di Bawah Komando Sahabat Agung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »