::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Di Bulan Suci Ramadhan, PKPT Mulai Lestarikan Tradisi Barzanji

Di Bulan Suci Ramadhan, PKPT Mulai Lestarikan Tradisi Barzanji

Bandar Lampung: Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) UIN Raden Intan Lampung menggelar Pembacaan Al-Barzanji dan Buka Bersama yang merupakan RTL (Rencana Tindak Lanjut) dari Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi (PAKPT) Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin UIN, pada Sabtu (11/5/2019) sore di Mushola Ar-Rohmah, Pembangunan, Sukarame.

Barzanji merupakan suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang dilafalkan dengan suatu irama dan merupakan tradisi yang dilakukan sejak dulu terutama bagi umat Islam warga Nahdlatul Ulama. Oleh itu, PKPT IPNU IPPNU mulai melestarikan tradisi tersebut.

Pembacaan Al-Barzanji berlangsung khidmat yang dipandu oleh Miftahuddin selaku mahasiswa fakultas Dakwah dan oleh Saibani selaku pengurus PKPT mahasiswa fakultas Tarbiyah, serta diiringi oleh grup Hadroh PKPT IPNU IPPNU dan diikuti oleh anggota serta pengurus PAKPT semua Fakultas serta jajaran pengurus PKPT.

Dalam sambutannya, Ketua PKPT IPNU yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Ade Erlangga selaku Kaderisasi PKPT IPNU, Ia menyampaikan atas terselenggaranya kegiatan pembacaan Al-Barzanji dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh generasi 3.0 (anggota yang baru makesta pada bulan April lalu).

“Kami ucapkan terima kasih atas terselenggaranya pembacaan Al-Barzanji, semoga lebih baik lagi dan ditunggu RTL-RTL dari Fakultas lain yang semoga bisa lebih baik,” ujar Ade Erlangga yang juga mahasiswa semester 4 dari jurusan Pendidikan Agama Islam itu.

Sementara, Miftahuddin dalam penutupan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan pembacaan Al-Barzanji memang dari RTL Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin tetapi yang menjalankan seluruh anggota PKPT dan kedepan tugas pembacaan dibagi untuk PAKPT per-Fakultas. (Hanivah)

About admin

Check Also

Gubernur Arinal Perkuat Sinergitas dan Hubungan Harmonis antara Pemprov Lampung dengan DPRD

Bandar Lampung: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berhasil menciptakan hubungan harmonis antara Pemprov Lampung dengan DPRD, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »