::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Breaking News / Ketua PWNU Lampung Sampaikan Kesiapan PWNU Lampung Tuan Rumah Muktamar NU ke-34

Ketua PWNU Lampung Sampaikan Kesiapan PWNU Lampung Tuan Rumah Muktamar NU ke-34

Banjar: Provinsi Lampung layak dan siap menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-34. Kesiapan itu disampaikan Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung Prof Dr. KH. Moh Mukri, MAg, saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Banjar Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).


Kesiapan Lampung ini sudah dibahas secara matang oleh pengurus wilayah dan stakeholder di Lampung dan akan disampaikannya pada forum Munas dan Konbes tersebut. Rektor UIN Raden Intan Lampung ini menyampaikan lima argumen strategisnya penyelenggaraan Muktamar NU ke 34 di Lampung.

“Pertama, dari 33 penyelenggaraan Muktamar sebagian besar diselenggarakan di pulau Jawa, hanya ada 4 kali di luar Jawa, dan di era modern ini hanya baru sekali di Makassar. Oleh karenanya, sudah saatnya muktamar diselenggarakan di Lampung,” kata Prof. Mukri, di arena Munas dan Konbes di Pesantren Miftahul Huda Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2).

Kedua, menurut Mukri, juga Rektor UIN Raden Intan ini, Lampung memiliki lokasi strategis sebagai gerbang Sumatera, penghubung pulau Jawa dan Sumatera. “Lampung sebagai kepala naga. Dengan posisi seperti ini Lampung sangat strategis dan mudah diakses baik dari Jawa, Sumatera atau wilayah lain di Indonesia. Penerbangan dari Jakarta-Lampung hanya perlu tiga puluh menit,” papar Mukri seperti dilansir NU online.

Alasan Ketiga menurut Guru Besar Ushul Fiqh ini, secara demografis Lampung merupakan wilayah terpadat kedua di Sumatera setelah Sumatera Utara, dan NU terbesar pertama di Luar Jawa. Pesantren-pesanten besar Lampung memiliki hubungan emosional, kultural dan kekeluargaan dengan pesantren-pesantren besar di pulau Jawa.

“Keempat, secara infrastruktur Lampung sangat siap, baik infrastruktur jalan tol, bandara internasional, hotel berbintang dan pesantren-pesantren yang sudah mapan”, ujar Ketua PWNU yang juga mantan Ketua PW GP Ansor Lampung ini.

Alasan yang kelima, papar pria yang biasa disapa Prof Mukri ini adalah dukungan dari pemerintah daerah, stakeholder, dan masyarakat yang kuat bagi terselenggaranya kegiatan Muktamar NU di Lampung. “Banyak kepala daerah di Lampung yang merupakan tokoh NU Lampung, dan mereka sangat mendukung terselenggaranya Muktamar NU di Lampung. Oleh karenanya, dari alasan tersebut ini, tidak ada halangan untuk penyelenggaraan Muktamar NU di Lampung,” pungkasnya. (Andira Putri Isnaini)

About admin

Check Also

Lampung Akan Gelar Multaqo Ulama Untuk Indonesia Damai

Bandar Lampung: Mewujudkan Indonesia Damai, khususnya di Provinsi Lampung, para ulama, cendekiawan muslim dan tokoh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »