::: Selamat datang di Media MUI Lampung Online "Suara Ulama dan Zu'ama untuk Umat" ::: Kritik, saran, artikel, dan iklan dapat dikirim ke email: redaksi@mui-lampung.or.id
Home / Agenda MUI Lampung / Ahli Kesehatan Masyarakat Berperan Strategis Dalam Mewujudkan Indonesia Sehat

Ahli Kesehatan Masyarakat Berperan Strategis Dalam Mewujudkan Indonesia Sehat

Bandar Lampung: Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menegaskan, peran ahli kesehatan masyarakat sangat signifikan dan strategis dalam program Indonesia sehat sebagai langkah mempersiapkan generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas.

Hal itu ditegaskan Ridho Ficardo pada Pembukaan Forum Ilmiah Tahunan (FIT) ke-4 Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) XV IAKMI, dirangkaikan dengan Rapat Kerja Tahunan ke-XI Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), dan Junior Public Health Research Competition (JPHRC) 2018 Pergerakan Anggota Muda IAKMI (PAMI) di Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (17/10/2018). Kegiatan ini berlangsung tanggal 16 – 18 Oktober 2018 .
Hadir dalam acara ini Para Pengurus Pusat IAKMI, Ketua DPRD Provinsi Lampung H. Dedi Afrizal, S.Kep.,MH, Wakil Ketua MUI Provinsi Lampung H. Suryani M. Nur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang juga Ketua Panitia Pelaksana Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes., Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes., FISPH., FISCM (Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas) dan diikuti oleh sekitar 1.000 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota IAKMI se-Indonesia, pimpinan, dosen, dan mahasiswa perguruan tinggi Kesehatan Masyarakat seluruh Indonesia, organisasi profesi kesehatan, perwakilan rumah sakit di seluruh Indonesia, mitra internasional, dan Lembaga NGO kesehatan .
Dikatakan Gubernur, agar masyarakat Indonesia berperilaku sehat diperlukan tenaga ahli kesehatan masyarakat yang merupakan ujung tombak dan berhadapan langsung dengan masyarakat dalam melakukan terobosan di bidang kesehatan. “Peran Ahli Kesehatan Masyarakat sangat diperlukan, tidak hanya sekedar dalam hal regulasi, namun juga harus menunjukan eksistensinya sehingga dapat dirasakan masyarakat secara langsung kontribusi dan peran aktifnya”, ujarnya.
Ketua Pengurus Daerah IAKMI Lampung Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes., yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dalam sambutannya sebagai Panitia Penyelenggara / Tuan Rumah mengatakan bahwa IAKMI selaku organisasi profesi secara rutin mengadakan Forum Ilmiah Tahunan (FIT) setiap tahun, dan FIT ke-4 Tahun 2018 ini Provinsi Lampung mendapat kepercayaan dan kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan even bergengsi ini. “ Forum ini sangat penting dan akan membahas temuan-temuan baru dari hasil penelitian dalam terobosan kesehatan masyarakat, dan dilakukan untuk menguji perkembangan ilmu dan program kesehatan masyarakat di Indonesia, dengan menghadirkan narasumber nasional dan internasional. Kegiatan ini juga dihadiri sekitar seribu ahli kesehatan masyarakat, peneliti, akademisi, pembuat kebijakan (Menteri Kesehatan RI, pejabat dari Kemenristek Dikti, pejabat dari Kementerian PPN/Bappenas, pejabat dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi), media massa dan kalangan swasta.” pungkasnya. (Andira Putri Isnaini)

About admin

Check Also

Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya Tekan Kenalan Remaja

Bandar Lampung: Remaja adalah harapan bangsa. Namun permasalah remaja pun sangat menarik menjadi perbincangan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »